Tips-tips merawat motor mesin injeksi

Update at 10:00 AM. Dalam topik Tips Motor


Tips-tips merawat motor mesin injeksi – Perusahaan besar motor di Indonesia seperti Yamaha, Honda dan Suzuki sudah mengeluarkan berbagai jenis motor jenis injeksi. Memang motor injeksi sudah memiliki kelebihan tersendiri bila harus dibandingkan dengan motor biasa. Namun begitu, tetap perlu dibutuhkan perawatan yang baik dan tepat agar motor injeksi yang anda punya bisa terus dalam performa yang baik dan bagus.





Berikut Tips Cara Merawat Motor Injeksi

      1 . Periksa selang bahan bakar
injektor Berfungsi menyemprotkan kabut dengan bahan bakar tekanan tinggi untuk mesin diatur oleh dosis dan waktu perangkat Electronic Control Unit ( ECU ) .

Selain memainkan peran penting dalam menentukan proses pembakaran di ruang bakar mesin , perangkat ini juga sangat boros menentukan apakah konsumsi bahan bakar sepeda motor . Namun, akurasi dari sistem juga tergantung pada pekerjaan yang komponen lainnya , termasuk selang dan pompa bahan bakar .

Bila kotor atau bocor selang , injektor tidak akan bekerja secara optimal . Oleh karena itu , selang harus diperiksa setelah motor menempuh jarak 2.000 kilometer .

2 . Periksa pompa bahan bakar
Jika motor memiliki lebih dari 50 ribu kilometer atau kelipatannya , harus pemeriksaan pompa bahan bakar . Mendeteksi gejala masalah dalam perangkat ini cukup mudah . Caranya, hidupkan mesin di tempat tidak berisik , kemudian mendengarkan pada tangki jika tidak ada dengung atau suara mendesing .

Ketika itu terjadi , maka Anda harus membersihkan dan menguras tangki bahan bakar pada saat yang sama . Melalui cara ini , Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal .

3 . Periksa posisi injektor katup
Meskipun waktu dan tekanan untuk katup diatur oleh ECU yang telah diprogram oleh produsen . Namun, tak jarang posisi katup perubahan karena berbagai sebab . Oleh karena itu , dalam rangka untuk bekerja injektor benar-benar tepat , maka pastikan klep berada posisi yang tepat . Artinya, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat .

Jika terlalu longgar maka asupan bahan bakar ke perangkat dan sebaliknya jika kelebihan terlalu ketat . Akibatnya , bahan bakar semprotan kabut ke ruang bakar juga tidak ideal karena dosis tanaman . Akibatnya , proses pembakaran tidak sempurna dan tenaga mesin atau mesin loyo boros bahan bakar .

4 . Periksa busi dan filter udara
Busi merupakan pematik api saat proses pembakaran di mesin. Akurasi Pantikan dengan semburan api dari busi bahan bakar campuran udara di ruang bakar akan menentukan apakah sempurna atau tidak proses pembakaran .

Proses pembakaran tidak sempurna membuat bahan bakar boros , tenaga mesin lamban . Oleh karena itu , membersihkan busi , ulang tingkat kerenggangan dan sumbu kutub busi . Begitu pun dengan filter udara . Ketika kotor segera bersihkan, sedangkan bila sel-sel memiliki kertas sangat kotor atau rusak segera mengganti yang lebih baik .

Karena filter yang rusak atau membuat aliran udara kotor ke dalam ruang pembakaran juga terhambat . Bahkan , kesempurnaan proses pembakaran di dalam ruang mesin pembakaran ditentukan oleh komposisi ideal antara udara dan bahan bakar

5 . Periksa ECU
ECU adalah otak yang mengatur seluruh unit injektor , baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injektor. Dengan demikian , bila perangkat terganggu maka kerja injektor juga tidak akan berjalan dengan baik . Salah satunya , semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan dosis .

Akibatnya , mesin stasioner juga tidak stabil . Jika kerusakan telah parah di ECU , maka kendaraan tidak akan dapat dijalankan alias mogok. Ada beberapa penyebab kerusakan ECU , karena gangguan listrik, tegangan rendah sumber listrik over- supply , sirkuit pendek karena paparan air dan lain-lain .

Oleh karena itu, dianjurkan untuk secara teratur memeriksa kabel listrik . Ketika Anda membuat modifikasi yang membutuhkan asupan daya listrik tambahan , Anda harus berpikir lagi pengaruhnya terhadap sistem kelistrikan .

Memastikan adanya aksesoris tambahan yang tidak mempengaruhi sistem kelistrikan dan mengganggu ECU

6 . Gunakan bahan bakar berkualitas
Kualitas sangat berpengaruh terhadap mesin injeksi bahan bakar . Oleh karena itu Anda harus menggunakan kualitas oktan bahan bakar sesuai dengan standar pabrikan.

Penggunaan bahan bakar berkualitas buruk dan oktan booster yang tidak sesuai dengan spesifikasi dapat menyebabkan penyumbatan pada lubang injektor . Menghasilkan kualitas atau kemampuan untuk menyemprotkan kabut penyemprotan gas di injector jadi kurang sempurna .

7 . Perhatikan kondisi baterai
Control Injection memanfaatkan motor listrik sebagai mesin penghidup , pasokan bahan bakar ke mesin. Jadi jelas sekali injeksi memiliki konsumsi daya , dalam hal ini adalah Aki .

Oleh karena itu , perhatikan kondisi baterai secara teratur , segera ganti aki motor injeksi Anda jika tidak menghasilkan maksimum arus listrik . Jangan menunggu sampai aki benar-benar habis .

8 . Periksa kondisi injektor
Komponen dalam membersihkan injector Anda tidak harus menyemprot asal injector cairan pembersih . Hal ini bisa mengakibatkan kinerja injektor kurang sempurna . Biasanya untuk meningkatkan kinerja injeksi mesin , pemilik sering menghapus filter udara standar atau menggantinya dengan produk aftermarket . Akibatnya , udara kotor ke dalam throttle body ( TB ) , dan kemudian menempel di dinding . Debu dan kotoran yang terlalu lama akan mengeras .

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan saat membersihkan injector :
- Injector cairan pembersih dan TB tidak boleh mengandung kadar terlalu tinggi pelarut .
- Saat membersihkan TB , disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet untuk menghindari kekuatan elektro - statis yang dapat mempengaruhi sensor .
- Dibutuhkan alat khusus ( regulator ) yang dapat diatur ketika disuntikkan cairan tekanan injector cleaner .
- Layanan Injector dan TB setiap 10.000km

9 . Memeriksa ketika motor kita di servis di bengkel
Motor perawatan injeksi ini dirancang untuk menjadi lebih mudah , namun di sisi lain pada saat itu mengambil ketilitian Checked per bagian . Karena itu, ketika melakukan servis motor, Anda harus datang memeriksa motor Anda, karena ada kalanya mekanik melakukan kecerobohan .

10 . Melakukan layanan periodik
Lakukan servis rutin setiap 3000 mil .

11 . Tidak Memodifikasi Lampu
Lampu dimodifikasi tidak sesuai dengan standar pabrik akan membuat karya ECU dalam distribusi listrik bingung . Gunakan watt lampu yang tepat dan tegangan . Hindari menambahkan aksesori lampu pada motor . Karena sistem ini tidak stabil ECU akan memerintahkan tegangan dan kontinuitas perpengaruh terhadap ECU

12 . Panaskan mesin sebelum digunakan
Hal-hal yang harus selalu melakukan itu , sebelum Anda pergi menggunakan motor yang injeksi , Anda harus terlebih dahulu memanaskan mesin dengan memutar mesin 1 sampai 5 menit .

13 . Mengurangi akselerasi cepat
Ketika mengendarai sepeda motor injeksi , Anda tidak harus menggebernya mempercepat terlalu cepat atau dengan cara melepas cangkang gas dengan cepat atau lambat . Ini biasanya akan mempersingkat masa pakai motor injeksi mesin Anda .

14 . Selalu periksa tangki bensin
Hal terakhir yang tak kalah penting , Anda harus selalu memeriksa tangki bensin . Pastikan tangki bensin tidak pernah kosong , karena injeksi direkomendasikan bahwa motor tidak menempatkan gas dalam tangki kosong .

Demikian Tips-tips merawat motor mesin injeksi yang telah saya sampaikan kepada anda, hal ini sangat penting di perhatikan karena sekarang-sekarang ini pabrikan motor hampir semua mengeluarkan motor jenis injeksi, maka dari itu, dari awal kita harus tahu tips merawat mesinnya dengan baik, sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat.